Thursday 19 November 2015

5 Senjata Nuklir Rusia Yang Harus Ditakuti Amerika


Rusia modern bukanlah Uni Soviet. Sementara Uni Soviet sebagai salah satu negara pertama yang menganut kebijakan penggunaan senjata nuklir.  Rusia modern yang menjatuhkan pada bulan November 1993 mengatakan Moskow berhak untuk menggunakan senjata nuklirnya selama konflik apapun.

Namun senjata nuklir warisan Soviet sudah cukup kuno. Hingga akhir-akhir ini Rusia melakukan investasi besar-besaran untuk membuat kekuatan nuklirnya bangkit kembali dan sejajar dengan negara lain, khususnya Amerika.

Berikut adalah lima nuklir Rusia Systems berpikir senjata bukan hanya nuklir, tapi sistem yang memiliki “komponen nuklir” yang menimbulkan ancaman bagi Amerika Serikat.

1. Kapal Selam Rudal Balistik Kelas Borei

 Kapal Selam Nuklir Vladimir Monomakh

Kapal selam rudal balistik adalah bagian paling survivable dari penangkal nuklir suatu negara. Uni Soviet mempertahankan armada kelas Boomer Delta dan Typhoon, tetapi mereka sudah sangat tua dan perlu diganti. Penerus Delta dan Typhoon adalah Proyek 955 kapal selam nuklir Borei kelas baru.

Jauh lebih kecil dari besar Proyek 941 Akula- juga dikenal sebagai Typhoon, kapal selam baru ini masih lebih besar dari kelas Ohio Angkatan Laut AS. Kelas Borei mampu yang dapat membawa 16 Bulava kapal selam rudal balistik. Kapal selam ini juga dikenal cukup tenang dan memiliki hidrodinamika efisien.

Tiga kapal telah selesai, ada tiga lagi sedang dibangun-beberapa di antaranya merupakan turunan ditingkatkan bahwa beberapa laporan telah menyarankan membawa 20 rudal. Rusia berharap untuk membangun 10 Borei meski diragukan apakah mereka memiliki dana yang cukup.

2. Rudal Balistik Kapal Selam Bulava

 Rudal Bulava yang diluncurkan dari kapal selam kelas Borei

Kapal Selam kelas Borei akan tidak ada gunanya tanpa persenjataan nuklir yang harus mereka bawa. Kapal selam dipersenjatai dengan rudal RSM-56 Bulava berbahan bakar padat. Sementara Rusia memiliki banyak kesulitan mengembangkan senjata ini baik jumlah rudal atau mengalami kegagalan lain selama pengujian karena masalah kontrol kualitas. Sebagian besar masalah tersebut tampaknya telah dipecahkan, tetapi hanya waktu yang akan memberitahu pasti.

Di atas kertas, Bulava merupakan senjata yang sangat handal. Rudal seberat 37-ton memiliki jangkauan 6.200 mil laut dan dapat membawa sebanyak 10 150-kiloton hulu ledak nuklir.

3. Kapal Selam Proyek 855 Yasen


Kapal selam serangan kelas Yasen adalah bagian dari kapal selam serang generasi baru Rusia. Kapal pertama direncanakan masuk pada tahun 1993, tetapi baru 2011 teralisasi karena sulitnya Rusia mendapatkan anggaran. Meskipun demikian, Severodvinsk, kapal selam Yasen pertama  adalah mesin yang mengesankan. Begitu mengesankan bahwa kepala program pembangunan kapal selam Angkatan Laut AS memiliki model itu dibangun untuk kantornya.

“Kami akan menghadapi lawan tangguh potensial. Satu hanya untuk melihat Severodvinsk, versi Rusia dari [nuklir kapal selam rudal dipandu] (SSGN). Saya sangat terkesan dengan kapal ini bahwa saya telah Carderock membangun model dari data unclassified,” kata Laksamana. Dave Johnson, pejabat eksekutif Program Naval Sea Systems Command (PEO) untuk program kapal selam.
Rusia sedang membangun versi yang lebih baik dari Proyek 855 yang menggabungkan pelajaran sejak tahun 1993. Kelas Yasen yang tidak senjata nuklir strategis, namun mereka bisa dipersenjatai dengan rudal jelajah berujung nuklir.

4. Nuklir Taktis Arsenal Rusia


Sementara senjata nuklir taktis Rusia tidak sebesar apa yang Uni Soviet pernah dipertahankan, negara ini diyakini memiliki setidaknya 2.000 senjata nuklir taktis, tetapi bisa memiliki sebanyak 5.000 hulu ledak seperti ketika senjata non-dikerahkan diperhitungkan . Uni Soviet diyakini memiliki antara 15.000 dan 25.000 nuklir taktis.

Rusia menggunakan senjata nuklir taktis untuk mengimbangi kelemahan relatif konvensional kekuatan-tetapi tidak jelas persis berapa banyak dari jenis senjata yang mereka miliki. Perlu dicatat bahwa senjata nuklir taktis tidak tercakup oleh perjanjian pengurangan nuklir.

Ada sejumlah cara Rusia dapat memberikan hulu ledak nuklir taktis untuk target-satu metode tersebut mereka akan menjadi rudal balistik 9K720 Iskander. Senjata yang bisa dikerahkan ke tempat-tempat seperti Kaliningrad Oblast di pantai Baltik untuk menyerang  situs pertahanan rudal balistik AS di Polandia, misalnya.

5. ICBM RS-24 Yars

 RS-24 Yars

Rusia terus memodernisasi kekuatan strategis darat dalam beberapa tahun terakhir. RS-24 Yars-juga dikenal sebagai SS-27 Mod 2-adalah rudal balistik antarbenua terbaru Rusia. Hal ini dapat membawa sekitar empat hulu ledak independen dan dapat diluncurkan baik dari silo atau peluncur jalan-mobile.

Ada juga ICBM berat Rusia lain yang sedang dikembangkan disebut Sarmat, yang dirancang untuk mengatasi sistem pertahanan rudal balistik. Tidak banyak yang diketahui tentang senjata ini kecuali bahwa ia akan berbahan bakar cair dan membawa sebanyak 15 hulu ledak. Rudal ini akan menjadi pengganti rudal k era Perang Dingin SS-18 Satan (R-36M).

Sumber: Business Insider

No comments:

Post a Comment